» » » Tips Tetap Sehat di Musim Penghujan

Menurunnya tingkat daya tahan tubuh biasanya ditandai dengan mudahnya terkena flu, demam, sakit tenggorokan, batuk, dan infeksi.Meski sistem kekebalan tubuh bisa dijaga dengan mengonsumsi makanan sehat, namun, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar virus dan bakteri tak mudah menyerang. Berikut tipsnya dilansir laman Live Strong.Cuci tangan

Penting bagi Anda untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Apalagi, saat musim penghujan telah tiba. Sistem kekebalan tubuh biasanya mudah drop saat cuaca dingin.

Diperkirakan sekitar 80 persen virus menyebar lewat tangan. Untuk itu mencuci tangan secara teratur, idealnya minimal 15 detik dengan sabun dan air hangat adalah cara pencegahan yang paling efektif. Namun, penelitian menunjukkan bahwa mencuci tangan rata-rata hanya enam detik, cuci tangan secara menyeluruh dan teratur, terutama setelah bepergian dengan kendaraan umum, setelah pergi ke kamar mandi dan sebelum makan.

Bersosialisasi

Seseorang yang memiliki hubungan yang baik dengan banyak orang, seperti rekan kerja, teman, keluarga besar, dan lain-lain cenderung tidak mudah terserang flu. Jadi trik sederhana dan menyenangkan untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh adalah meluangkan waktu bersama orang lain.

Mood positif

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa berada dalam mood positif saat menjalani vaksinasi flu, akan lebih baik dan efektif. Mereka memeriksa seberapa vaksin tersebut bekerja dengan mengukur jumlah antibodi influenza empat minggu dan 16 minggu setelah injeksi. Hasilnya menunjukkan bahwa mood yang baik dikaitkan dengan tingkat antibodi yang lebih tinggi.

Bawang putih

Konsumsi bawang putih mentah dikatakan bisa membantu melawan virus. Bawang putih bertindak sebagai penguat kekebalan yang kuat yang mampu merangsang sel-sel darah putih untuk melawan infeksi, meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami dan meningkatkan produksi antibodi.

Makan Sehat

Mengonsumsi buah-buahan yang segar sangat penting, karena buah dan sayur paling kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang akan menjaga kekebalan tubuh. Disarankan juga untuk minum probiotik yang mengandung bakteri baik seperti lactobacillus yang akan membuat Anda jauh dari masalah infeksi perut.

Minum air putih yang cukup

Jangan pernah mengabaikan manfaat air putih untuk kesehatan. Asupan air yang cukup selalu diperlukan oleh tubuh untuk mencegah dehidrasi, sehingga flu dan infeksi cepat sembuh atau bahkan menjauh.
Air dalam tubuh kita membawa nutrisi ke sel Anda, membuang racun dan menjaga tubuh tetap stabil. Ini membuat lapisan mulut terhidrasi dan lembap, mengurangi risiko terserang flu. Minum banyak air juga membantu tubuh Anda menghantarkan nutrisi, membuang limbah dan mencairkan lendir, membantu menghilangkan bakteri dan virus yang bisa membuat Anda sakit.

Minum Suplemen

Tablet vitamin C bisa berguna membantu melawan flu. Mengonsumsi cukup vitamin C sangat dianjurkan dalam bentuk apapun termasuk suplemen. Suplemen vitamin C mungkin sangat diperlukan bagi Anda yang setiap hari berada di lingkungan dengan tingkat polusi yang tinggi.

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post