» » » Genius Pemuda Yogya Ciptakan animatronik T- rek, Bisa narik Gerobak

Animatronik robot atau animasi elektronik Dinosaurus T-rex ciptaan Muhammad Iqbal Firmansyah tersebut mampu berjalan dengan kedua kaki dengan sumber listrik dari Aki.
Dalam proses pembuatan Animatronik T-rex tersebut Iqbal dibantu sang ayah dan beberapa orang temannya.

Dengan bermodalkan barang-barang bekas, seorang pemuda warga Kotagede, Yogyakarta, mampu menciptakan sebuah robot Animatronik T-rex atau Dinosaurus.
T-rex Animatronik tersebut tidak hanya mulut, mata d,an ekor yang mampu bergerak, namun robot tersebut bahkan bisa berjalan dan mampu menarik beban gerobak yang dinaiki oleh anak-anak ataupun orang dewasa.


Adanya Animatronik T-rex buatan Iqbal tersebut juga mengundang perhatian warga sekitar bahkan anak-anak yang ingin sekali menaiki robot animatronik T-rex tersebut, pasalnya robot ini mampu menarik gerobak layaknya kereta kuda.

Ide awal pembuatan robot tersebut bermula saat Iqbal melihat robot Dinosaurus namun dilarang untuk memegang. Dari situlah dirinya berupaya menciptakan sebuah terobosan baru yang lain dari yang sudah ada.

Animatronik T-rex buatan pemuda lulusan SMK Negeri 6 Yogyakarta yang justru kesehariannya berjualan pisang keju ini diklaim baru kali pertama ada di Indonesia.
Robot animatronik biasanya didatangkan dari Cina, Jepang, atau Eropa. Itu pun bergerak menggunakan roda.

Sementara itu, rangkaian mekanis robot yang hanya menggunakan barang bekas seperti motor listrik, gear box, hingga material untuk gerobak dengan sumber listrik aki ini mampu membuat tubuh robot animatronik ini bergerak dan berjalan layaknya hewan sungguhan.

Untuk pembuatan animatronik T-rex yang mempunyai tinggi 120 sentimeter dan panjang 2,7 meter ini membutuhkan waktu sekitar 3 bulan dan menghabiskan biaya sekitar Rp 20 juta.
Pembuatan animatronik T-rex tersebut juga bertujuan memberikan edukasi bagi anak-anak, dan mendorong semangat belajar tentang keberadaan hewan purba yang kini telah punah.

Meski baru berupa prototipe dan tengah dalam pengembangan, Iqbal dan timnya terus berusaha guna mendapatkan penyempurnaan pada robot tersebut. Rencananya Iqbal juga akan membuat berbagai robot animatronik dinosaurus lain.?

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post