» » » Awan Mirip Asap Rokok di Jepang, Bikin Heboh Netizen

Awalnya ada yang berspekulasi, penampakan awan asap rokok itu merupakan teori 'Jishin Kumo' atau 'awan gempa'. Dalam teori ini, formasi awan yang aneh dinilai sebagai penanda bakal muncul aktivitas seismik.Namun setelah penyelidikan, WeatherNews menjelaskan, penampakan alam unik itu disebabkan peluncuran Roket Epsilon-3.

Ada penampakan aneh di langit Kyushu, Jepang beberapa hari lalu. Pada 18 Januari 2018 pagi hari, muncul penampakan alam awan berwarna yang bentuknya mirip dengan asap rokok. Awan asap rokok itu berwarna seperti pelangi, merah, putih dan biru. Warga sekitar Kyushu bingung dengan penampakan aneh tersebut. 

Uap air yang ada di udara disebutkan berkontribusi pada tampilan jejak kondensasi yang unik dan mirip asap rokok tersebut. Awan berbentuk asap rokok itu terlihat aneh karena pengaruh angin, kristal es di langit dan sudut pandang pengamat. Sedangkan warna-warni yang terlihat dari awan asap rokok itu dipengaruhi terbitnya matahari. 

Dikutip dari Rocketnews24, Senin 22 Januari 2017, pada 18 Januari pagi hari pukul 06.06, Roket Epsilon-3 meluncur lepas landas dari Uchinoura Space Center di Prefektur Kagoshima. Peluncur itu mengirimkan satelit radar ASNARO-2 ke orbit pada pukul 07.00 waktu setempat. 

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post