» » » 5G Siap Meluncur, Ini Kata Bos Qualcomm Indonesia

Teknologi mobile generasi kelima ini dikabarkan akan siap digunakan pada 2020. Namun beberapa negara maju sudah lebih dulu mengujinya dan bahkan akan menggunakan 5G sebelum 2020. Melihat kesiapan negara-negara ini soal implementasi 5G, bagaimana dengan Indonesia?Menurut Country Manager Qualcomm Indonesia Shannedy Ong, teknologi 5G memang sudah rampung. Namun demikian, ia tidak bisa memastikan kapan teknologi ini bisa diadopsi di Tanah Air.

Teknologi 5G diketahui sudah mencapai tahap rampung. Ini artinya, para operator bersiap untuk mengadopsi teknologi tersebut demi menghadirkan koneksi internet cepat.

Ia menilai pemerintah harus memenuhi sejumlah upaya untuk mengadopsi 5G, seperti inovasi, kolaborasi, dan regulasi."Jadi memang sudah tersedia, tetapi masih banyak kompleksitas dan persyaratan yang harus di-address sama pemerintah," tandasnya.

"Kalau diminta pendapat dari Qualcomm, sepertinya belum ada rencana solid (kapan) 5G bisa digunakan di sini. Yang kita dengar 5G itu sudah hampir difinalisasi di sini, mungkin trial-nya tahun ini," kata Shannedy di gelaran Qualcomm Media New Year Gathering yang diadakan di restoran Kila Kila, Jakarta, Rabu (24/1/2018).

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post