» » » Tips Dapatkan Pendanaan dari Venture Lokal Indonesia

Jakarta, Pemerintah berharap ada lima unicorn startup hingga 2019. Namun, hingga saat ini baru ada tiga perusahaan yang berhasil mendapatkan pendaan besar karena berhasil di bidangnya masing-masing. Ketiganya adalah Tokopedia, Gojek, dan Traveloka.

Padahal pemerintah sudah menggeber lahirnya startup-starup baru di Indonesia lewat program 1000 Startup yang digagas Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Elisa Suteja, analis dari East Ventures, membeberkan beberapa poin yang perlu diketahui perusahaan startup yang ingin mendapatkan pendanaan, khususnya dari pemodal lokal seperti perusahaannya. 

Tips yang pertama, Elisa menganjurkan startup menemui lebih banyak orang untuk menemukan koneksi yang tepat untuk mendapat pendanaan. Elisa mengakui bahwa perusahaannya banyak memberi investasi pada perusahaan yang direkomendasikan kenalan atau bertemu di acara-acara speed dating startup.

Kedua, perusahaan startup perlu memiliki konsep yang matang dan memiliki model bisnis yang baik. Startup juga perlu melihat solusi dalam setiap tantangan yang dihadapi masyarakat Indonesia.

“Yang kedua matangkan konsep. Banyak startup yang berada di periode pematangan ide memiliki ide yang bagus. Tetapi ketika saatnya dibuat sebagai bisnis, ternyata bisnis modelnya tidak jalan. Harus melihat ke sana,” jelasnya saat menghadiri jumpa pers Tech in Asia Jakarta 2017 di kawasan Kuningan, pada Senin (23/10).

Tips ketiga berkenaan dengan partner yang tepat. “Cari partner yang tepat dengan founder yang memang cocok karena ini akan menjadi perjalanan jangka panjang,” imbuhnya. 

Dia mengatakan bahwa sebenarnya pasar Indonesia sangatlah unik dan menarik. “Secara general, makro, market-nya bagus. Pilih aja secara spesifik market yang ingin dituju,” Elise melanjutnya.

Selain itu, Elisa juga mengatakan bahwa startup harus bisa beradaptasi dengan cepat dengan perubahan regulasi dan merespons pasar. Dia menyebutkan regulasi menjadi salah satu tantangan yang perlu diantisipasai startup yang ingin membuktikan konsistensi dan eksistensinya di mata venture capital. (eks)

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post