» » 6 semut ini dapat menarik mobil MPV

Jakarta - Semut memang bisa menarik benda yang lebi berat dari tubuhnya, begitu juga robot-robot semut yang diciptakan ilmuwan di Universitas Stanford.

Dalam video yang diunggah di YouTube, para robot mungil itu terlihat benar-benar bisa menarik mobil dengan kaki-kaki kecilnya. Seperti dikutip dari New York Times, Rabu (16/3).Rahasia kekuatan para robot mungil itu terletak pada desain dan cara geraknya yang memang dibuat seperti semut. Para ilmuwan menyadai bahwa semut bisa dengan mudah mengangkat benda yang ribuan kali lebih berat dari tubuhnya.

Robot-robot semut itu diletakkan bersama dalam satu rangkaian, total berat robot semut itu hanya 99 gram. Para peneliti menguji kekuatannya untuk menarik mobil keluarga yang bobotnya mencapai 1.769 kilogram.

“Dengan mempertimbangkan dinamika sebuah tim, bukan hanya individual, kami berhasil membuat tim robot microTug yang seperti semut, sangat kuat sebagai individual tapi juga bisa bekerja sebagai tim,” kata David Christensen, pemimpin riset tersebut.

Selain terinspirasi dari alam dengan semut-semutnya, para ilmuwan juga mengaku tercerahkan begitu mereka melihat film Big Hero 6. Film itu memang menampilkan robot-robot kecil yang bisa disatukan untuk mengerjakan tugas yang hampir mustahil.

Mau lihat seperti apa kekuatan para robot tersebut, berikut adalah video yang demonstrasi kekuatan para microTug yang diunggah di YouTube. 


Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post