» » » Jumlah pengguna internet di Indonesia meningkat

Jumlah pengguna internet 

Penyedia jasa perdagangan elektronik (E-Commerce) dalam catatannya mencatat jumlah pengguna Internet di Indonesia tumbuh menjadi 100 juta pengguna pada 2015, berdasarkan riset internal yang dilakukan perusahaan itu

Berdasarkan survei yang dilakukan dan dirilis pada Senin (22/02), terlihat jumlah pengguna internet di Indonesia meningkat pesat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2000, ada 2 juta pengguna Internet di negeri ini, lalu meningkat menjadi 43 juta pada 2011 dan 100 juta pada 2015.

Pertumbuhan jumlah pengguna Internet ini didorong oleh pertumbuhan jumlah pengguna ponsel pintar atau smartphone yang tumbuh cepat.

"Jika dibandingkan dengan tahun 2015, pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia mencapai 50 kali dari tahun 2000," kata Magnus Ekbom, pada acara Indonesia Pegang Smartphone di Jakarta. Menurutnya, ada tiga faktor utama pendorong pertumbuhan pemakai Internet ini, yakni jaringan yang makin cepat dan stabil, banyaknya aplikasi mobile yang mampu mengakomodir kebutuhan aktivitas pengguna smartphone, dan banyaknya produsen perangkat mobile yang mampu menyesuaikan produk dengan kebutuhan konsumen.

Orang-orang Indonesia juga tercatat lebih lama saat mengakses media sosial selama 2 jam 51 menit, ketimbang menonton televisi selama 2 jam 22 menit.

Berdasarkan prediksinya, pangsa pasar ponsel fitur (yang hanya digunakan untuk telekomunikasi dasar telepon dan SMS) pun terus tergerus dengan kehadiran smartphone.
Magnus juga mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang benar-benar mencintai perangkat mobile. Berdasarkan data yang diperolehnya, persentase orang dewasa di Indonesia yang memiliki smartphone mencapai 43 persen dibandingkan 15 persen untuk pemilik perangkat laptop dan komputer pribadi.

"Jika dibandingkan dengan feature phone, tahun 2010 pangsa pasar smartphone hanya 16 persen. Tahun 2015 meningkat menjadi 65 persen. Berikutnya, tahun 2020, 96 persen ponsel yang terjual adalah smartphone," harap Magnus.

Target ini optimis terealisasi dengan telah tersedia jaringan kecepatan tinggi 4G LTE yang sedang gencar dibangun perusahaan telekomunikasi seluler.

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post