» » » Strategi Viral Marketing Wifi Corner Telkom Print Email

“Nunggu hujan gak berasa lama selama pakai internetan cepat wifi.id,” (@dosdil). “Tempat yang nyaman untuk nongkrong bersama teman sambil berinternet ria..”(@MochFikTau). “Selfie bareng temen emang paling asyik di wico,” (@tari_irl).

Beragam cuitan diatas dituliskan oleh pengunjung wifi.id corner (WiCo) dengan menggunakan tagar #wico. Wico sendiri berupa tempat yang disediakan oleh Telkom bagi pengguna beragam gadget untuk menggunakan layanan WiFi.ID.

Hingga saat ini, Telkom telah berhasil membangun 100.000 access point wifi.id yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada saat yang sama, Telkom juga telah menyediakan 6.500 lokasi WiCo di seluruh Indonesia, dimana lebih dari 1.200 diantaranya tersebar di  wilayah  Jabotabek dan Serang.
Dalam hal penentuan lokasi Wico, Telkom sengaja memilih lokasi strategis sehingga memudahkan akses bagi pengunjung untuk duduk nongkrong dan menikmati akses internet dengan kecepatan bandwitdh 100 Mbps.

Kepala Telkom Regional-2 Jabotabek dan Serang Prasabri Pesti mengungkapkan, kehadiran Wico ini semata-mata untuk memudahkan masyarakat khususnya segmen kaum muda dalam mengakses internet, download,  maupun streaming dengan cepat. “Pasar kaum muda cukup potensial, mereka sangat gadget-freak dan butuh akses internet yang super cepat. Ini merupakan salah satu tantangan kami dalam penyediaan Wico tersebut,” katanya.

Dalam penyiapan Wico tersebut, Telkom bukan hanya fokus pada pemilihan lokasi dan kecepatan akses internet. Tetapi, tak kalah pentingnya adalah bagaimana para pengunjung mendapatkan experience lalu bersedia membagikan ke orang lain. “Istilahnya bagaimana mengubah dari aktivitas off-line dengan menikmati fasilitas yang ada, lalu membagikannya secara on-line melalui aplikasi social media,” sambung Prasabri.

Dalam tempo singkat, efek viral marketing dari strategi off-line to on-line tersebut cukup berhasil menarik banyak pengunjung menikmati Wico yang tersebar di berbagai lokasi, mulai di kantor pelayanan atau Plasa Telkom, café atau restoran, kampus, pusat perbelanjaan (mall) atau area publik lainnya.

Ini sejalan dengan sebuah fakta menarik terkait alasan yang muncul dari pengguna akses internet WiFi, terutama saat bepergian. Pertama, koneksi WiFi cenderung lebih cepat dan stabil. Kedua, adanya keterbatasan pada paket internet pada ponsel, terutama pada batasan kuota, sedangkan koneksi WiFi biasanya tidak dibatasi dengan volume pemakaian.

Pada sisi lain, penyebaran Wico juga merupakan upaya Telkom dalam mendukung pemerataan akses broadband yang diyakini akan menjadi salah satu pendorong percepatan pembangunan ekonomi di Indonesia. Pembangunan infrastruktur broadband tersebut juga sesuai dengan tekad pemerintah untuk mempercepat pembangunan dan pemerataan infrastruktur di Indonesia.

“Wico tidak hanya menjadi ajang nongkrong dan selfie, namun kini juga dimanfaatkan oleh pelaku usaha muda yang memanfaatkan social-media ataupun e-commerce. Tentu saja ini menjadi hal positif terhadap keberadaan Wico dalam mendukung perekonomian Indonesia,” kata Prasabri.

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post