» » » Terduga Pencipta Bitcoin Menghilang dari Internet

Pasca kehebohan penggerebekan rumah Craig Wright pada Rabu (9/12) lalu, pria yang diduga sebagai pencipta Bitcoin ini diketahui telah 'menghapus' dirinya dari dunia maya. 

Gizmodo melaporkan berbagai akun yang dimiliki Wright kini telah hilang. Blog yang biasa digunakan Wright untuk menuliskan ide-ide terkait pengembangan mata uang virtual yang mengarah kepada Bitcoin ini telah dihapus. Akunnya pada situs Amazon juga telah dihapus, padahal ia dilaporkan yang sering memberikan ulasan, secara khusus terkait 'Emas Digital, Cerita Bitcoin yang Tak Terungkapkan'. 

Beberapa akun media sosialnya, seperti Twitter, Facebook, dan LinkedIn pun hilang dari peredaran. Hal yang sama juga terjadi pada akun Google+ dan YouTube miliknya. Sejauh ini, yang tersisa hanya akun pada Quora, sejenis platform tanya-jawab di media sosial.
Ini adalah suatu fenomena yang janggal. Padahal sebelumnya, Wright terlihat aktif di media sosial, bahkan terlihat begitu sensitif ketika ada yang menyebut-nyebut nama 'Satoshi Nakamoto' yang merupakan identitas dari pencipta Bitcoin. 

Bukan hanya menghilang dari dunia maya, sampai saat ini Wright pun masih belum diketahui keberadaannya. Sebelum penggerebekan, dilaporkan bahwa terlihat sebuah mobil yang sempat parkir pada rumah sewaan Wright yang dihuni sejak setahun lalu tersebut. 

Reporter Australia yang memantau rumah tersebut tidak mendapatkan jawaban dari penghuni rumah hingga sehari sebelum penggerebekan dilakukan, mobil tersebut sudah tidak ada di tempat. Salah satu warga setempat juga mengaku bahwa Wright sudah tidak terlihat sejak beberapa minggu belakangan.


(Reuters/David Gray)
Pihak kepolisian federal Australia yang mengobrak-abrik rumah Wright pun tidak menemukan seseorang di dalamnya. Mereka hanya menemukan barang bukti berupa sistem komputer tambahan yang terhubung dengan 3 daya tambahan pada belakang rumahnya.

“Sebuah mobil truk besar tiba sekitar sebulan yang lalu, diikuti sebuah truk kecil pada minggu-minggu awal di bulan Desember,” ungkap salah satu tetangga Wright kepada reporter dari Guardian. Orang-orang sekitarnya menduga saat ini ia beserta istrinya, Ramona Watts sudah berada dalam perjalanan ke luar Australia.

Misteri pencarian pencipta mata uang virtual Bitcoin pun masih menyimpan tanda tanya besar. Meskipun belum ada konfirmasi siapakah sebenarnya orang di balik nama samaran 'Satoshi Nakamoto' ini, sudah banyak dugaan kuat yang membuat pandangan dunia internasional mengarah kepada Craig Steven Wright, profesor jenius yang tergila-gila dengan ide pembuatan cyptocurrency, bahkan yang telah lebih dahulu mempublikasi tulisan-tulisan terkait Bitcoin pada blog pribadinya sebelum Bitcoin diperkenalkan kepada masyarakat.

Terlepas dari misteri keberadaan Craig Wright yang terasosiasi dengan 'Satoshi Nakamoto', pencipta Bitcoin, menghilangnya Wright secara tiba-tiba dari peredaran ini semakin memperkuat asumsi bahwa mungkin saja ialah orang di balik kesuksesan Bitcoin yang selama ini menutupi identitasnya dan menghindari ekspos dunia internasional.

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post