» » Suzuki Indonesia Challenge Season 2 : Grand Final Inilah Pembalap Indonesia Kelas Dunia Selanjutnya

Indonesia sudah kembali siap untuk bertanding di kejuaraan balap motor tingkat Internasional tahun depan. Dua orang pembalap muda bernyali terpilih sebagai yang terbaik menjadi wakil Indonesia di Asia setelah lolos menjadi juara di Grand Final Suzuki Indonesia Challenge season 2 di Sentul International Circuit, Minggu 20 Desember 2015.
Kedua pembalap paling bernyali tersebut adalah Jefri Tosema (19 tahun) asal Pekanbaru dan Rizal Feriyadi (15 tahun) asal Samarinda yang sukses merebut tiket emas menuju balap Suzuki Asian Challenge 2016 di rangkaian Asia Road Racing Championship (ARRC). Jefri dan Rizal berhasil mengumpulkan race poin tertinggi secara keseluruhan di kelas Satria Cup. Secara mengagumkan Jefri tampil konsisten dan maksimal menguasai balapan dengan menjadi juara pertama baik di Race 1 dan Race 2 (total poin 50). Begitu pula dengan Rizal yang sanggup memperbaiki posisi di Race 2 sebagai runner-up sehingga memperoleh total poin 36. Pengalaman Jefri yang sudah sering bertanding balap di Sirkuit Sentul menggunakan Suzuki Satria FU150 memudahkan aksinya dalam menguasai jalannya balap.
Seluruh pembalap baik di kelas Satria Cup dan Young Star Cup merasakan serunya balap di kondisi hujan lebat. Selain licin, beberapa titik lintasan juga sedikit digenangi air menjadikan tantangan tambahan yang menegangkan. Tantangan tersebut bukan menjadi kendala bagi para pembalap karena seluruh motor Suzuki Satria FU150 dan Suzuki Satria F115 Young Star yang disediakan untuk balap telah menggunakan ban IRC Tire tipe Fasti 3 yang dapat dipercaya untuk menghadapi wet race. Terbukti sepanjang balap kelas Satria Cup tidak terjadi hal buruk sama sekali (zero accident) dan tetap dapat memacu motor balap sekencang mungkin dan melibas setiap tikungan dengan percaya diri. Tidak hanya para pembalap Suzuki Indonesia Challenge, para awak media yang berkesempatan melakukan Journalist Race menggunakan Suzuki Satria FU150 dalam kondisi hujan juga mengakui kehandalan kombinasi performa motor dan ban tersebut.
Raut bahagia tampak di wajah Jefri dan Rizal ketika memastikan dirinya akan berangkat ke beberapa negara di Asia untuk membawa nama Indonesia bertanding di Suzuki Asian Challenge tahun 2016. Impian mereka untuk bisa menjadi pembalap profesional hingga mancanegara disupport penuh oleh PT. Suzuki Indomobil Sales yang siap sedia memberikan beragam fasilitas demi perkembangan karir pembalap muda Indonesia.
Pembalap ke-3
 
Selain Jefri dan Rizal, akan ada satu pembalap lagi yang akan bergabung sebagai anggota dalam tim pembalap Indonesia untuk bertanding di Suzuki Asian Challenge 2016. Satu pembalap yang berhak bergabung masih dipertimbangkan oleh PT. Suzuki Indomobil Sales melalui beragam faktor poin penilaian yang komprehensif guna mendapatkan satu pembalap yang tidak hanya bisa menjadi juara di lintasan namun dapat menjadi idola di Indonesia. Rasa penasaran terhadap pembalap ketiga yang terpilih tersebut akan segera diumumkan setelah keputusan resmi diterbitkan oleh Suzuki Indonesia.
Sebagai kelanjutan dari kesuksesan prestasi Andreas Gunawan (finalis Suzuki Indonesia Challenge season 1) yang menjadi Jawara di Suzuki Asian Challenge tahun ini. Para finalis Suzuki Indonesia Challenge season 2 yang sudah terpilih akan mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mempertahankan nama baik Indonesia di ajang balap Internasional sekaligus memberikan penampilan yang jauh lebih baik. Ketiga pembalap tersebut membutuhkan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia untuk menumbuhkan semangat menjuarai setiap seri yang diadakan.
Berakhirnya rangkaian Suzuki Indonesia Challenge season 2 menjadi suatu bentuk penghargaan yang besar, tidak hanya untuk pembalap namun juga untuk para jurnalis media yang telah membantu mengangkat potensi-potensi pembalap muda dari seluruh wilayah di Indonesia yang tergolong layak untuk berkompetisi hingga tingkat internasional. Selain itu, beragam dukungan dari pihak sponsor juga sangat bermanfaat dalam pelaksanaan Suzuki Indonesia Challenge season 2, antara lain IRC Tire yang memberikan ban terbaik, Denso untuk komponen elektronik dan busi, Showa untuk sistem suspensi, NS Battery yang memastikan kemudahan dalam mensupply kelistrikan dan knalpot WRX yang memberikan kelancaran gas buang sekaligus menambah performa motor. Event balap Suzuki Indonesia Challenge season 2 ini sekaligus dijadikan ajang riset pengembangan produk masing-masing sponsor.
Jefri Tosema – Juara 1 Satria Cup
 
“Perasaan saya sangan senang bisa jadi juara dan lolos ke Asia, ini merupakan hasil kerja keras saya yang sempat gagal di SIC pertama. jalannya race pun cuaca cukup bikin sulit, di race 1, sebagian lintasan kering dan basah. Sedangkan race 2 saya mendapat motor yang lebih nyaman sehingga bisa meninggalkan lawan cukup jauh.”
Seiji Itayama – Managing Director PT. SIS
 
Terima kasih atas semangat mendukung Grand Final SIC Season 2 kepada para sponsor, pembalapkomunitas Suzuki juga para jurnalisSuzuki secara konsisten memiliki semangat untuk terus mendukung pengembangan dunia balap motor Indonesia melalui program pengembangan pembalap.muda, dengan memfasilitasi mereka untuk berkompetisi di tingkat Internasional

 
Pemenang Suzuki Indonesia Challenge season 2
 
Satria Cup
  1. Jefri Tosema – Pekanbaru (total poin 50)
  2. Rizal Feriyadi – Samarinda (total poin 36)
  3. Sapril – Samarinda (total poin 33)
Young Star Cup

  1. Husni Zainul – Bandung (total poin 40)
  2. Aditya Yana – Yogyakarta (total poin 35)
  3. Chepi Armansyah – Bandung (total poin 29)

 
Pembalap yang lolos ke Suzuki Asian Challenge 2016
  1. Jefri Tosema – Pekanbaru
  2. Rizal Feriyadi – Samarinda
Satria Cup podium finalYoung Star Cup podium finalGrand Final SIC 2
Satria Cup action 3Satria Cup action 1Young Star Cup action

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post