» » » Perhatikan kesehatan keluarga, inilah barang yang paling banyak disinggahi kuman

Kegiatan keluarga yang padat dilakukan dirumah tidak menuntut terancamnya kesehatan keluarga, terutama sangat sensitif terhadap anak-anak. Ancaman kuman terhadap anak anak juga dapat diakibatkan terjangkitnya kuman yang berada disekitar rumah. Kuman merupakan salah satu sumber dari berbagai penyakit. Kuman berada dimana-mana termasuk di sekeliling kita seperti di rumah kita sendiri. Berikut adalah lima barang berkuman yang ad adi rumah.

Sikat gigi
Selain kuman dari  mulut, kuman yang berasal dari toilet pun dapat mencemari sikat gigi. Agar terbebas dari kuman, simpanlah sikat gigi gigi di tempat yang kering dan memiliki sirkulasi udara yang leluasa, serta  tidak terlalu dekat dengan toilet. Jangan lupa pula untuk rutin mengganti sikat gigi.


Bak cuci piring atau wastafel
Bak cuci piring atau wastafel juga sangat perlu kita perhatikan kebersihannya. Sisa-sisa makanan dari piring atau perangkat dapur yang kotor akan membuat bakteri sangat mudah berkembang biak. Untuk itu, bersihkanlah dengan cara menggosok seluruh permukaan wastafel 1-2 kali seminggu dengan air panas dan sabun, termasuk bercak-bercak sisa makanan di sekitar wastafel.

Keyboard komputer
Sebuah studi yang dilakukan oleh sebuah grup konsumen di Inggris menemukan bahwa keyboard komputer merupakan salah satu sumber kuman. Sisa makanan dan bersin adalah beberapa penyebabnya. Agar kuman tidak bersarang di keyboard, usahakan untuk tidak mengetik sambil makan, cucilah tangan sebelum atau sesudah menggunakan keyboard dan rutinlah membersihkan keyboard dengan vakum atau  alkohol dan tisu.

Handuk
Handuk yang dibiarkan lembab hingga lebih dari 20 menit dapat ‘mendatangkan’ jamur dan bakteri. Jemurlah handuk di bawah matahari setelah dipakai dan rutinlah mengganti handuk, minimal 2 kali seminggu.

Gagang pintu dan saklar lampu
Dalam sehari gagang pintu dan saklar lampu bisa dipegang beberapa kali oleh orang yang berbeda, jadi tidak perlu dipertanyakan lagi seberapa banyak kuman yang ada di kedua barang tersebut. Gagang pintu dan saklar lampu juga adalah barang yang paling sering ‘lepas’ dari perhatian saat kita sedang membersihkan rumah. Bersihkanlah kedua barang tersebut minimal seminggu sekali dengan menggunakan tisu desinfektan.

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post