» » » 5 kebiasaan ini dapat merusak metabolisme tubuh

Metabolisme adalah proses biologis esensial yang membuat sel dalam tubuh manusia menjadi aktif dan berfungsi baik. Jika sistem metabolisme bekerja dengan normal, maka kesehatan akan tetap terjaga. Namun bila terganggu, maka kesehatan sel dan tubuh pun akan terganggu.

Tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis kebiasaan yang bisa merusak sistem metabolisme tubuh? Karena menjaga kesehatan metabolisme sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh, maka berikut adalah kebiasaan yang perlu Anda hindari:

Kurang minum
kebiasaan kurang minum akan merusak sistem metabolisme tubuh karena air sangat berperan dalam proses tersebut. Jika sering mengalami dehidrasi, maka masalah metabolisme abnormal bisa terjadi.

Telat makan
Mengikuti jadwal makan akan membantu berjalannya proses metabolisme dengan baik. Saat Anda terlambat makan, lalu kemudian makan dalam jumlah banyak maka di pencernaan akan terjadi penumpukan lemak tambahan. Minimal kebiasaan buruk itu akan membuat proses pencernaan terganggu.

Diet ketat
Proses diet yang terlalu ketat juga bisa merusak metabolisme karena tubuh pun membutuhkan karbohidrat, lemak dan protein untuk bekerja dengan normal. Bila yang dibutuhkan itu kurang, maka kerja sel jadi tak maksimal.

Kurang tidur
Jika Anda meremehkan waktu tidur yang cukup, maka siap-siap menghadapi masalah metabolisme. Tidur nyenyak sangat membantu bagi kerja metabolisme agar dapat maksimal.

Makan junk food
Makanan ini merupakan sumber gangguan metabolisme yang utama, juga menjadi sumber penyakit bagi tubuh. Ada banyak hal merugikan di dalam junk food seperti bahan pengawet, kalori tinggi, kurang nutrisi, tinggi lemak, dan lainnya yang berakibat buruk untuk sistem metabolisme tubuh.

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post