» » » Ketika digital menguasai dunia bisnis, akankah bisnis konvensional hanya kenangan?

Syahrullah
Di zaman modernisasi seperti sekarang, manusia sangat bergantung pada teknologi. Hal ini membuat teknologi menjadi kebutuhan dasar setiap orang. Dari orang tua hingga anak muda, para ahli hingga orang awam pun menggunakan teknologi dalam berbagai aspek kehidupannya. 

Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini aktivitas masyarakat dimanjakan oleh berbagai macam aplikasi. Segala aktivitas masyarakat mulai dari belanja hingga memesan moda tranportasi kini sudah dilakukan secara digital. 

Menurut "Andy Zain Selaku Managing Director Mountain Kejora Ventures, tingginya pasar digital marketing di Indonesia berkaitan erat dengan karakter bangsa yang ‘kepo’ habis.

”Orang kita itu sangat ingin tahu dan paling cepat dalam mencoba sesuatu yang baru. Penggunaan Facebook, contohnya. Hanya dalam waktu singkat, Indonesia menduduki peringkat dua dunia dalam hal penggunaan Facebook. Beda dengan Brazil yang jumlah penduduknya sama dengan kita, juga dengan India yang penduduknya justru lebih banyak dari kita. Mereka butuh waktu lama untuk menjadi 2 besar dunia. Ketika mereka sudah mencapai 2 besar dunia, kita sudah bosan dan beralih ke hal lain,” paparnya.

Baca Juga: Pemasaran konvensional akan tergerus oleh digital marketing

Boleh dibilang, kehadiran teknologi informasi, telah mengubah kebiasaan hidup dalam waktu sekejap. Digital marketing sangat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi apapun, mengingat jumlah gadget sekarang ini lebih banyak ketimbang populasi produktif.

”Jadi, kalau ditanya kapan digital marketing di Indonesia akan booming, ya segera. Saat ini saja sudah mulai tren. Masyarakat sudah sangat jarang baca koran dan nonton televisi. Semuanya sudah diakses melalui gadget mereka,” 

Moda transportasi tradisional pun kini sudah berbasis digital, seperti yang tidak kita duga bahwa sebuah Ojek, Bajaj sudah menerapkan hal itu. Bahkan terlebih salah satu perusahaan digital di Indonesia sedang menerapkan pijit online. 

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post