» » » Google Maps kini dapat diakses tanpa koneksi internet

Setelah heboh dengan project Loops terbaru dari Google, kini awal bulan November Google telah mengumumkan bahwa pihaknya akan menyediakan fitur pada aplikasi Google Maps yang memungkinkan pengguna mengunduh area peta, baik itu kota atau negara, untuk kemudian diakses kembali ketika perangkat tidak terhubung ke internet.

Pada awalnya, fitur yang disebut offline mode itu hanya tersedia di beberapa wilayah. Pekan ini fitur itu resmi hadir di Indonesia.

Bagaimana cara untuk menggunakan Google Maps secara offline? Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Cari area (kota atau negara) yang petanya hendak Anda unduh.

2. Ketuk nama lokasi yang tertera di bawah layar dan Anda pun akan melihat informasi mengenai lokasi tersebut beserta foto dan deskripsi singkatnya. Di sana pun Anda dapat melihat ikon “save,” “share,” dan “download.” 

3. Ketuk tombol “Download” untuk mengunduh peta area.

4. Anda akan dibawa ke layar pratinjau bertajuk “Download this area?” Di sana Anda dapat zoom-in dan zoom out area yang ingin Anda unduh. Jika cakupan area sudah terasa pas, pilih “Download” untuk melanjutkan.

Setelah unduhan selesai, Anda tidak hanya dapat mengakses area secara offline, namun Anda pun tetap mendapatkan fitur navigasi dan kemampuan lain yang ditawarkan Google Maps. Peta offline yang telah Anda unduh akan hilang secara otomatis dalam waktu 30 hari.
Fitur offline ini sangat bermanfaat apalagi ketika Anda sedang berada di area dengan jaringan internet yang buruk atau ketika Anda sedang ingin menghemat baterai dan kuota internet.
Untuk saat ini, fitur offline mode hanya tersedia untuk Google Maps Android. Google berjanji akan merilisnya untuk Google Maps iOS dalam waktu dekat.

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post