» » » Bisa bobol iOs 9 dapat Rp.14,5 Miliar

iPhone iOs 9
Perusahaan keamanan komputer Zerodium menawarkan hadiah senilai USD $1 juta (Rp. 14,5 Milyar) bagi seseorang peretas yang dapat menemukan cara untuk masuk dan membobol sistem keamanan pada sistem operasi mobile yang ada pada Apple, yakni iOS 9 yang belum lama ini di rilis. Masing-masing sebanyak tiga orang atau tim berhak membawa uang itu, jika dapat membobol iPhone dan iPad dengan iOS 9.

Guna memenangkan uang tersebut, hacker harus menggunakan halaman web atau pesan teks jarak jauh untuk melewati sistem keamanan iOS 9 dan menginstal aplikasi pada iPhone atau iPad sebelum batas waktu kompetisi yang ditentukan, yakni pada 31 Oktober 2015. Kemudian hacker harus sebanyak-banyaknya mengeksploitasi kelemahan yang sebelumnya tidak diketahui dalam sistem keamanan di iOS 9.

Sistem operasi Apple terbaru ini diklaim yang paling aman di pasar saat ini. Tapi tentunya tidak ada yang sempurna di dunia ini. Aman tidak berarti bisa dipecahkan, itu hanya berarti bahwa iOS memiliki kompleksitas dalam keamanan sistem operasi. Dan dalam eksploitasi kerentanan ini lah dirasa uang senilai USD$ 1 juta cukup layak untuk dijadikan hadiah bagi siapa saja yang mampu membobol iOS 9.

Kekuatan iOS pada dasarnya berdasarkan lapisan keamanan yang secara individual rentan tetapi sangat efektif bekerja bersama-sama. Meskipun demikian ada kemungkinan untuk diserang di masing-masing elemen, yang merupakan proses yang cukup panjang, mahal dan menyita waktu.

Zerodium mengatakan bahwa kompetisi ini merupakan salah satu penghargaan bagi hacker dan peneliti independen untuk menemukan kerentanan perangkat lunak baru. Hasil temuan dari kompetisi ini kemudian dianalisa oleh tim data keamanan untuk membantu klien korporasi dan lembaga pemerintah dalam memperkuat pertahanan online mereka.

Terkait kompetisi oleh Zerodium ini, Apple enggan memberikan komentar. Untuk informasi, iOS 9 diluncurkan pada 16 September 2015 lalu hingga tercatat masih baru dan cocok untuk 'dieskploitasi'

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post