» » » Fakta dibalik kenikmatan teh susu ternyata ada dampak bahaya

Susu adalah minuman favorit bagi semua orang, sedari usia dini kita sudah dikenalkan dengan minuman ini dan bermanfaat sebagai kasupan gizi. Susu bukan saja dikonsumsi oleh kalangan balita ataupun remaja, orang dewasa pun masih menganggap susu sebagai minuman favorit mereka. Kebanyakan mengkombinasikan susu dengan campuran bahan lain, contoh halnya mencampur dengan kopi, bahkan yang saat ini sedang populer mencapurnya dengan teh. Namun siapa sangka susu sebagai minuman yang kaya akan manfaat dan bergizi ini dapat menjadi buruk apabila kita salah mengolahnya. 
Apa sih dampaknya apabila kita mencapur susu dengan teh.?

Pertama: Bila dilihat dari manfaat susu, susu adalah salah satu sumber kalsium yang berguna untuk kesehatan tulang. Minum susu secara rutin berarti menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat. Sayangnya, teh juga mengandung senyawa yang bernama asam oksalat. Senyawa ini akan dikeluarkan dari bersamaan dengan urin atau air kencing. Di dalam tubuh, senyawa asam oksalat dapat berikatan dengan kalsium dan membentuk satu partikel yang biasa disebut dengan batu ginjal. Berapa besar ukuran partikel ini tergantung seberapa besar keterikatan asam oksalat dengan kalsium. Bila terlalu sering atau dalam jumlah besar tentu semakin besar pula partikel batu ginjal terbentuk. Semakin sering mengkonsumsi teh susu, semakin besar pula risiko terkena batu ginjal, terlebih bila tidak diimbangi dengan minum air putih yang banyak.


Kedua: Teh memiliki banyak zat antioksidan yang berfungsi menghilangkan efek radikal bebas yang berbahaya bagi pertumbuhan sel. Salah satu senyawa antioksidan yang dimiliki teh adalah catechin. Sedangkan susu memiliki protein yang bernama kasein yang bisa menghambat kinerja senyawa catechin pada teh. Walhasil, saat teh diminum bersama dengan susu, manfaat antioksidan pada teh menjadi kurang optimal.

Nah, jadi tahu kan ternyata minum teh susu kurang baik untuk kesehatan bahkan bisa berbahaya. Kebanyakan orang mencampur teh dengan susu hanya untuk menambah cita rasa. Namun mereka tidak tahu atau mungkin kurang peduli pada efek negatif yang ditimbulkan. Padahal, disadari atau tidak, hal – hal yang dianggap sepele semacam itu justru sangat mendukung terjaganya kesehatan tubuh.

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post