» » » "YuMi" Robot Canggih yang dapat menjadi partner kerja Manusia

Perusahaan yang bergerak dibidang energi dan teknologi (ABB) memperkenalkan "YuMi", sebuah robot canggih yang dapat menjadi mitra kerja. Teknologi ini di klaim menjadi teknologi pertama didunia yang mampu berkolaborasi dengan manusia

Kehadiran YuMi di mata dunia teknologi diklaim dapat membantu kelancaran pertumbuhan dan pergerakan bidang industri, khususnya industri manufaktur komponen berukuran kecil. 

Robot yang namanya diambil dari kata You and Me ini mengadopsi bahan yang ringan dan memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi. "Magnesium ringan yang dilapisi plastik pengambang berbantalan empuk mampu meredam benturan," lanjut Lilik. Jika nantinya terjadi benturan yang tak disengaja dengan manusia, YuMi akan langsung berhenti beroperasi dalam hitungan milidetik dan dapat bergerak lagi hanya dengan menekan tombol play pada remote control.

Richard Ledgard, Country Managing Director ABB Indonesia menjelaskan bahwa hadirnya YuMi menandai sebuah era baru dimana manusia dapat memiliki mitra kerja dengan sebuah robot. Hal tersebut merupakan bagian terpenting dari strategi `Next Level ABB`.

"YuMi memungkinkan kolaborasi antara manusia dan robot menjadi kenyataan. Kehadiran YuMi merupakan hasil dari komitmen kami dalam riset dan pengembangan teknologi. Kami yakin, hal ini akan mampu mengubah cara manusia dan robot berinteraksi. YuMI merupakan elemen tak terpisahkan dalam strategi yang kami terapkan dalam menyongsong era `The Internet of Things`, Service and People demi mewujudkan masa depan otomatisasi bersama," tutur Richard.

YuMi sendiri akan tampil perdana menunjukkan fisik aslinya di pameran Electric, Power, and Renewable Energy Indonesia 2015 di JIExpo Kemayoran, 16-19 September 2015. Robot industri ini dibanderol seharga US$ 40 ribu atau sekitar Rp 552 juta per unit.

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post