» » » Ternyata tata cara makan juga dapat menunjukan kualitas pergaulan

Table manner adalah tata cara menggunakan alat makan dan minum pada acara jamuan makan atau acara resmi di hotel berbintang. Jika mampu menunjukkan sopan santun di meja makan, sebenarnya secara tidak langsung menunjukkan kualitas pergaulan,  Anda semestinya telah mengetahui adab cara makan ini, agar Anda tidak malu sendiri dihadapan partner bisnis atau rekan kerja Anda. Table manner dikenalkan pertama kali oleh orang eropa dan telah menjadi standar internasional dan wajib diketahui semua orang saat menghadiri acara resmi jamuan makan di hotel berbintang atau gedung mewah lainnya.

Setiap negara memang memiliki standar sendiri dan berbeda satu dengan yang lain. Karena kebiasaan masing negara masing-masing berbeda-beda pula. Oleh karena itulah Anda perlu menyesuaikan diri dan bisa beradaptasi dengan baik. Bahkan jika Anda googling terdapat kursus atau pelatihan tentang table manner ini.

Tidak perlu khawatir jika Anda masih belum mengerti tata cara table manner ini, karena penulis akan berusaha menjabarkan secara rinci mengenai table manner yang sering dipraktekan di Indonesia. Semoga dengan artikel ini dapat berguna bagi Anda sekalian..

Tips Table Manner ini yaitu:

1. Untuk menghindari kesalahan dalam memakai pakaian (dresscot) apalagi pada acara resmi seperti jamuan makan di hotel atau gedung mewah, jauh hari sebelum hari H tersebut, sebaiknya Anda tanyakan pada panitia atau kolega Anda tentang tema jamuan tersebut. Sehingga Anda bisa menempatkan diri dengan tepat. Misalnya menggunakan Tuxedo pada acara resmi, bukannya menggunakan pakaian kaos.

2. Pada saat makan, kita ambil peralatan makanan paling luar. Misalnya dari kiri ke kanan terdapat pisau, sendok, piring, gelas, garpu. Maka yang diambil terlebih dahulu yaitu pisau dan garpu

3. Ada 3 step makanan sebelum menu utama dan 1 menu penutup. 3 step makanan tersebut yaitu sup, setelah habis supnya baru keluar roti, lalu salad, salad yaitu hidangan sayuran.. Barulah setelah itu hidangan utama dan ditutup dengan menu penutup yaitu bisa eskrim atau Wine dan lainnya.. Oleh karena itu, Anda tidak perlu galau atau kasak kusuk bertanya pada samping meja Anda, kenapa kok hidangannya cuman roti, mana yang lain. Jika hal ini Anda lakukan, maka kolega Anda akan menganggap Anda tidak memiliki table manner yang baik.

4. Ada 2 cara pemakaian serbet yaitu
A) Saat Anda sedang makan, serbet diletakkan diatas paha
B) Jika Anda ingin meninggalkan meja makan namun masih ingin kembali ke meja itu, maka serbet tersebut kita letakkan dengan rapi disamping kanan gagang (pegangan) kursi atau jika tidak memiliki gagang kursi, maka letakkan serbet pada bagian sandaran kursi dengan rapi.

5. Cara memegang gelas yaitu memegang gelas dibawah badan gelas, jika berkaki.. Untuk hindari bekas jari tangan Anda. Supaya bekas jari Anda tidak membekas pada badan gelas. Jika membekas, bersihkan dengan menggunakan serbet yang ada diatas meja makan.

6. Sebelum meminum, bersihkan dulu bibir Anda dengan serbet. Agar bekas bibir Anda tidak membekas pada bibir cangkir. Jika Anda lupa dan telah membekas pada bibir cangkir, bersihkan dengan menggunakan serbet yang ada diatas meja makan. Anda tidak perlu malu, karena itu konsekuensi Anda lupa terlalu lahap makan makanan yang ada.
Nah ini dia, tipe yang bisa bikin malu Anda jika diajak ke acara resmi. Oleh karena itulah ajaklah istri/teman Anda yang memiliki table manner yang baik. Jangan sampai reputasi Anda rusak dihadapan rekan bisnis Anda, hanya gara-gara istri atau rekan kerja tidak memahami hal ini.
Sebelumnya berilah pengertian kepada teman/istri Anda mengenai tentang pentingnya table manner ini, bahwa betapa pentingnya acara ini untuk masa depan Anda. Jika Anda mau simple, copas url link artikel ini dan suruh mereka membacanya..

7. Saat makan dilarang mengobrol atau berbicara atau celegukan didepan kolega atau rekan bisnis Anda. Tunjukkan bahwa Anda memiliki table manner yang baik dan berbudaya.

8. Pada saat selesai makan, rapikan peralatan makan Anda dan diletakan arah jam 4, diatas piring. Kalau arah lain berarti Anda masih ingin menambah. Serbet dilipat diatas meja.
Tidak dapat dipungkiri hal diatas memerlukan latihan dan latihan. Tapi setidaknya Anda sudah memahami bahwa table manner sangat penting untuk memperlihatkan karakter dan psikologi Anda. Jika Anda ingin dihormati, maka hormatilah orang yang telah mengundang Anda dengan mengunakan pakaian resmi dan table manner yang baik.

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post