» » » Sahabat BMI, CSR Bank Mandiri Penghubung Pahlawan Devisa

Bank Mandiri bersama PT Sebangsa Bersama (Sebangsa) menghadirkan aplikasi “Sahabat BMI”, merupakan sosial media diatas platform Sebangsa. Dengan peluncuran aplikasi khusus untuk BMI maka Bank Mandiri merupakan Bank pertama di dunia yang memiliki aplikasi untuk buruh migran.  Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengakses informasi dan berita terupdate dari Indonesia serta berbagai hal yang terkait dengan BMI. Peluncuran aplikasi khusus pertama bagi BMI tersebut dilakukan oleh Dirut Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin, Direktur Consumer Banking Bank Mandiri Hery Gunardi, Co-Founder dan Co-CEO Sebangsa Enda Nasution, dan Co-Founder dan Creative Director Sebangsa Indira B. Widjonarko.

Aplikasi ini dilengkapi dengan konten-konten sesuai kebutuhan para BMI seperti kanal Fokus BMI (informasi tentang BMI), cerita kampung halaman, hotline call center BMI, serta pembukaan group yang dapat didesain secara personal (customized) sesuai dengan ketertarikan dan kebutuhan BMI. Di samping itu, di aplikasi ini juga tersedia kanal Bapak Asuh yang akan memberikan mentoring dan coaching untuk pengembangan usaha dalam program Mandiri Sahabatku yang diikuti BMI.

Budi Gunadi Sadikin mengatakan aplikasi ini didesain untuk menghubungkan BMI-BMI di seluruh dunia sehingga terbentuk satu komunitas global BMI yang memiliki rasa kebersamaan dan semangat nasionalisme kuat untuk bersama-sama maju dan meraih kehidupan yang lebih baik. Aplikasi ini juga dimaksudkan untuk membantu BMI yang mengikuti program Mandiri Sahabatku untuk dapat terus berinteraksi dengan sesama peserta Mandiri Sahabatku ataupun dengan mentor.

Pada tahap awal, aplikasi ini diharapkan dapat menyatukan sedikitnya 50.000 BMI untuk kemudian menjadi pengguna aktif. Atas hal itu, Bank Mandiri akan bekerjasama dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Kementerian Luar Negeri serta instansi-instansi terkait yang mengayomi pekerja migran di luar negeri untuk mensosialisasikan aplikasi ini. Untuk mengakses aplikasi ini, BMI dapat mengunduh aplikasi “Sebangsa” dan mendaftar sebagai anggota BMI di Apple Store (IOS) & Google Play (Android). Informasi lebih lanjut di http://bmi.sebangsa.com.

“Ke depan, platform ini akan kami kembangkan dengan penambahan fitur-fitur yang diharapkan dapat semakin memudahkan BMI dalam melakukan aktivitas rutin, serta mengembangkan diri melalui program Mandiri Sahabatku,” tambah Budi.

Program Mandiri Sahabatku sendiri merupakan program entrepreneurship Bank Mandiri yang memiliki tujuan untuk mensejahterakan para BMI. Program ini memberikan ilmu kewirausahaan bagi para BMI agar dimasa depan mereka tidak kembali menjadi BMI, melainkan membuka usaha dengan memanfaatkan peluang bisnis yang ada di kampung halaman mereka. Pada kesempatan ini pula di launching program Bapak Asuh (Program Dadi Majikan) dimana para BMI purna (BMI yang sudah kembali ke Indonesia) diberikan pelatihan dari para pengusaha nasional dan berpengalaman untuk memulai usaha di Indonesia. Bank Mandiri bekerjasama dengan Johnny Andrean salon untuk memberikan pelatihan tentang keterampilan salon dan kecantikan kepada BMI purna di 5 kota di Indonesia.

Sejak diperkenalkan pertama kali pada Oktober 2011 hingga saat ini, tercatat sekitar 8.200 BMI di Hongkong, Malaysia, Singapura dan Korea yang telah terdaftar mengikuti program Mandiri Sahabatku. Beberapa aktivitas dalam program ini yaitu belajar secara teori & praktek. Untuk modul yang diajarkan antara lain : Perencanaan Keuangan, Peluang Bisnis, Public Speaking, Creativity & Innovation dengan trainer dari Mandiri University.

Di samping program Mandiri Sahabatku, dukungan Bank Mandiri kepada BMI di luar negeri juga diberikan dalam memfasilitasi BMI mengirimkan dana kepada keluarga di dalam negeri melalui layanan remitansi. Tercatat hingga Juli 2015, transaksi remitansi yang dilakukan BMI melalui Bank Mandiri tumbuh 10% dari Juli 2014. (press Release)

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post