» » » Grand New Avanza hadir dengan senjata andalan terbarunya

Mobil keluarga yang saat ini masih diminati banyak orang kini tampil dengan fitur terbarunya. Untuk meningkatkan nilai jual dari generasi terbaru Avanza ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) menjadikan teknologi mesin Dual VVT-i sebagai andalan untuk Grand New Avanza dan Veloz. Teknologi bukaan katup ini memang telah lama diterapkan pada model-model sedan Toyota dan menjadi ikon baru yang memiliki jargon “mobil sejuta umat”. 

Direktur Pemasaran TAM "Rahmat Samulo" dalam konferensi pers di Downtown Bistro, Jakarta, mengatakan bahwa teknologi terbaru pada mesin adalah satu concern Toyota untuk menciptakan mobil yang lebih ramah lingkungan. 

"Ini merupakan keputusan terbaik, didesain khusus untuk Avanza. Jika dengan teknologi Dual VVT-i konsumsi bahan bakar akan semakin baik, maka emisi gas buang juga lebih rendah. Tenaga juga lebih baik," kata Samulo. 

Teknologi Dual VVT-i sebelumnya sudah diterapkan pada Corolla altis serta Camry. Dengan adanya Dual VVT-i (Variable Valve Timing with Intelligent), waktu bukaan katup bisa disesuaikan dengan kebutuhan mesin. Pada awalnya, mekanisme ini hanya diterapkan pada katup masuk (intake) saja, namun seiring berkembangnya waktu, katup buang (exhaust) juga ikut dikontrol. Pengaturan katup pada dua bagian itu membuat kinerja mesin lebih baik untuk mengatur suhu ideal. Jika mobil Toyota telah menggunakan teknologi ini, tenaga dan torsi mesin segera tersedia. 

Sama halnya untuk catalytic converter, suhu lebih panas sehingga mampu bekerja maksimal menyaring gas buang agar semakin ramah lingkungan. Selebihnya, saat dapur pacu sudah mencapai suhu kerja, pengaturan bukaan katup bisa disesuaikan dengan putaran mesin. Setelannya tentu berbeda saat harus bekerja dalam kondisi macet atau digeber dalam putaran tinggi. 

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post