» » » Buku ini dapat membunuh bakteri dan menjernihkan air selama 4 tahun

Buku adalah sebuah media untuk mencatat ataupun untuk keperluan menulis lainnya. Tapi siapa sangka jika ada sebuah buku yang dapat menjernihkan sebuah air. Fungsi dari buku tersebut adalah untuk menyaring air dan dapat menghilangkan bakteri. Aneh, tapi nyata. pada kertas-kertas ini mengandung partikel nano perak atau tembaga yang dapat membunuh bakteri. Sudah diuji pada 25 sumber mata air di Bangladesh. hasilnya sangat mengagumkan, kertas tersebut dapat membunuh bakteri 99% dari air tersebut. 

Dikutip dari sebuah situs BBC, Penelitian tersebut diumumkan di pertemuan nasional ke-250 American Society di Boston- Amerika Serikat. Caranya cukup mudah, anda hanya merobek kertas tersebut dan menaruhnya di filter air kemudian tuangkan air sungai, atau air sejenisnya, ujar peneliti Carnegie Mellon University, Pittsburgh Dr, Teri Dankovich. 

Menurut hasil penelitian, untuk satu kertas tersebut dapat menjernihkan dan membunuh bakteri pada 100 liter air. Pada teorinya pada satu kertas dapat membersihkan persediaan air per 1 orang selama ±4 tahun. 

Dr Kyle Doudrick yang meneliti pengolahan air berkelanjutan di University of Notre Dame di Indiana sepakat bahwa sistem buku ini akan sangat ampuh jika bisa juga menangani infeksi bakteri, seperti parasit cryptosporidium kecil yang baru-baru ini menimbulkan kecemasan di Lancashire. Aloel

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post