» » » Toyota I-road, kendaraan masa depan terbaru Toyota ini memiliki tiga roda

Toyota I-road
Kurang dari 2 tahun setelah peluncuran mobil konsep i-Road, personal mobility vehicle (PMV) ini akhirnya memulai debut Eropa pertamanya di Paris Motor Show 2014. Personal mobility vehicle merupakan bentuk terbaru dari transportasi yang mampu menawarkan fleksibilitas untuk lingkungan perkotaan. 

PMV menawarkan kenyamanan, keamanan serta kestabilan melebihi skuter maupun sepedamotor.  Desain dari Toyota i-Road sendiri kini telah berkembang dari kendaraan konsep menjadi kendaraan yang user-friendly dan eco-friendly. Bagian belakang kendaraan ini telah didesain ulang untuk menciptakan kestabilan, ditambahkan pula small rear window untuk meningkatkan visibilitas ketika bermanuver. i-Road kini telah tersedia sebagai kendaraan kota dengan 5 pilihan warna. Dengan panjang 2,345 mm, tinggi 1,455 mm dan lebar 879 mm i-Road terbaru ini 5 mm lebih pendek, 10 mm lebih tinggi dan 20 mm lebih luas dari mobil konsep yang telah diperkenalkan sebelumnya. 

Full electric powertrain yang digunakan Toyota i-Road masih tetap sama yakni baterai lithium-ion yang mampu mentenagai kendaraan ini hingga 1.9 kW. Toyota i-Road terbaru juga dibekali dengan ‘Active Lean’ technology yang mengkombinasikan lean actuator motor dan gearing yang terpasang di atas front suspension member dan terkoneksi melalui yoke pada bagian kiri dan kanan roda depan. 

ECU akan mengkalkulasi sudut condong yang dibutuhkan berdasarkan steering angle, gyro-sensor dan vehicle speed information. Sistem ini akan secara otomatis mengerakkan roda ke atas atau ke bawah dengan arah berlawanan dan mampu mengaplikasikan sudut condong untuk melawan gaya sentrifugal. 

Sistem ini juga akan beroperasi ketika i-Road digunakan pada jalan yang menanjak, lean actuator akan secara otomatis mengimbangi perubahan yang terjadi pada permukaan jalan dan menjaga kestabilan body level. Toyota I-Road memiliki bodi yang ramping sehingga tak membutuhkan ruang parkir yang luas. Sementara itu, pengisian baterainya juga bisa dilakukan di tempat pengisian berkapasitas 100 volt. 

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post