» » » Smart Card ini memberikan manfaat ganda untuk Pensiunan PNS

Dalam jangka waktu dekat ini, PT. Taspen akan menciptakan Smart Card untuk para pensiunan pegawai negeri sipil (PNS). Dengan Smart Card ini, para pensiunan PNS bisa memperoleh manfaat ganda. Misalnya menjadi kartu diskon atau kartu untuk mendapatkan layanan perawatan.

Hal ini disampaikan oleh Dirut PT. Taspen "Iqbal Latanro" saat menerima kunjungan silaturahmi Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi di kantornya, Jumat (24/7). Rencananya, Smart Card sudah bisa terwujud pada 2017 mendatang.

”Kalau selama ini kartunya berukuran besar seperti ijazah, nantinya dibuat kecil dan bisa dikantongi sehingga bisa dibawa kemana-mana. Sekarang on going process, dan progressnya pada posisi 60%. Tujuannya yang paling penting yaitu untuk meningkatkan kesejahtraan pensiun,” kata Iqbal.

Namun Iqbal mengatakan bahwa untuk mewujudkan hal itu harus dilakukan kerjasama dengan para pihak, seperti perbankan, atau dunia usaha lain yang dekat dan sangat dibutuhkan oleh para pensiunan.

Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi sendiri menyambut baik dan mengapresiasi langkah PT. Taspen tersebut.  Kalau mungkin, ujar Yuddy, kartu itu nantinya bisa digunakan untuk mendapatkan diskon tiket kereta api, di toko-toko swalayan, atau bahkan di bioskop-bioskop sehingga para purna bhakti itu bisa mentraktir nonton film di bioskop.

”Kalau dapat diskon 15% misalnya, maka lebihnya bisa buat beli pop corn, atau minuman ringan saat nonton,” imbuhnya.

Yuddy menambahkan, sebenarnya  posisi PT. Taspen sudah memiliki captive market, yakni pensiunan PNS, TNI, POLRI, dan Pejabat Negara. Kalau BUMN ini tidak melakukan inovasi pun, mereka akan datang ke Taspen.  Tetapi Taspen tampaknya tidak demikian, tetapi justru melakukan inovasi untuk memberikan kemudahan kepada peserta khususnya dalam mengambil hak pensiunnya.

”Apa yang dilakukan Taspen, menunjukkan bahwa negara hadir dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam hal ini, negara bertanggungjawab untuk memperbaiki pelayanan publiknya,” kata Yuddy.

Bukan hanya smart card yang diapresiasi Yuddy. Pelayanan pengambilan uang pensiun atau pengajuan di loket Taspen Cabang DKI Jakarta yang sempat dilihatnya saat pertama datang ke kantor BUMN itu juga dinilainya cukup bagus. Selain suasananya nyaman, juga tersedia sejumlah fasilitas yang dibutuhkan para pensiunan. Misalnya fasilitas pijat refleksi, kursi roda, counter informasi yang akan memberikan penjelasan terhadap pengunjung yang ingin mendapatkan informasi dalam pengurusan pensiun. Taspen

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post