» » » Mobil Sport pertama yang dimiliki Toyota

Toyota Sport 800 merupakan salah satu collectible item dari masa-masa awal kebangkitan Toyota paska PD II. Kendaraan ini pun diproduksi antara 1965-1969 dan menjadi sports car produksi masal pertama Toyota. Mobil ini juga menjadi mobil pertama yang menggunakan atap Targa, yakni atap alumunium yang bisa disimpan di bagasi ketika tidak ingin dipasang. 

Satu hal yang menarik dari mobil ini adalah perancangnya, Toyota menyewa perancang dari pabrikan lain yaitu Shozo Sato. Sport 800 ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas sangat kecil yakni hanya 790cc dengan mesin dua silinder bertipe boxer dan terpasang secara horizontal. 

Tipe mesin semacam ini memberikan stabilitas yang lebih baik karena titik berat berada cukup rendah, dengan demikian mobil bisa melaju lebih cepat dan ringan. Mobil ini pun dikombinasikan dengan body yang ringan dengan berat hanya 580kg. Dengan body yang ringan ini dan dilengkapi mesin bertenaga 45 ph mampu membawa mobil mungil ini melesat hingga 144km/jam. 

Selain bertenaga dan berat yang relatif ringan, Sport 800 juga dikenal sangat efisien dalam menggunakan bahan bakar. Mobil ini hanya membutuhkan 1 liter bahan bakar untuk menempuh 19 km. Selama masa produksi mobil Toyota Sport 800 ini, Toyota diperkirakan telah memproduksi kendaraan ini sebanyak 3.313 unit. 

Hebatnya lagi, 10 persen dari kendaraan ini masih bertahan hingga sekarang dan dijadikan salah satu mobil koleksi bagi para pecinta otomotif atau pecinta mobil antik. Sport 800 sendiri hanya diproduksi khusus untuk pasar Jepang, karena itulah sangat sulit menemukan mobil model ini di luar negeri. 

Sport 800 memiliki desain yang cukup simpel dan Sporty, dengan tampilan yang sangat mungil membuat mobil ini tak nampak seperti sport car. Varian yang tersedia untuk sports car Toyota pertama ini adalah merah, biru dan silver.

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post