» » Budaya yang terjadi di bulan Ramadhan dari tahun ke tahun

Hari raya idul fitri adalah sebuah hari istimewa yang ditunggu tunggu banyak umat muslim didunia. Bulan puasa, identik dengan menahan lapar dan haus sampai sore/menjelang malam hari. tidak hanya itu, bulan terssebut adalah dimana kita harus menahan amarah. Namun siapa sangka sih kalau budaya yang terjadi pada bulan ramadhan itu rutin terjadi dari tahun ke tahun. Kita ulas budaya tersebut berdasarkan fakta dari tahun ke tahun: 


  1. Awal pada bulan puasa adalah hari yang ditunggu tunggu oleh banyak sebagian umat muslim untuk mengawali bulan yang penuh barokah. Sebagian besar berbondong bondong melakukan ibadah untuk mengawali hari pertama di bulan ramadhan tersebut, Tempat ibadah pun dipenuhi dengan antusiasme orang yang ingin  melakukan ibadah. 
  2. Pada fakta kedua ini terjadi sekitar kurang atau lebih dari satu minggu pada bulan ramadhan bahwa kebanyakan dari sebagian masyarakat kita yang menyibukan diri untuk mencari tempat atau restaurant yang cocok untuk melakukan kegiatan buka puasa bersama atau yang dikenal (Bukber).
  3. Pada  fakta ketiga adalah fakta yang terjadi menjelang hari raya idul fitri dimana banyak orang-orang memenuhi pusat perbelanjaan atau mall. Sebagian besar dari mereka Sibuk mempersiapkan pakaian untuk merayakan hari raya tersebut. Budaya ini seperti sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk memiliki pakaian baru di hari raya tersebut. Seseorang yang tidak pernah melakukan kewajiban ibadah puasa pun turut serta meramaikan hari kemenangan tersebut dengan menyibukan diri memilih pakaian baru tersebut.   Aloel

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post