» » Ada yang berbeda pada Idul fitri tahun ini

Idul Fitri 
Meskipun penetapan 1 syawal 1436H baru akan diumumkan pada sore hari (16 Juli 2015) nanti, akan tetapi keyakinan Menteri  Agama Lukman Hakin Saifuddin pada idul fitri tahun berbeda dari tahun - tahun sebelumnya. Idul fitri tahun ini dirayakan berlansung serentak. 

Dikatakan " Penentuan 1 Syawal akan merujuk pada kesaksian para perukyat tersebut, ada kemungkinan Idul Fitri kali ini diadakan serentak. Ada kemungkinan akan berbeda juga ada, tapi peluang terbesarnya adalah bersamaan. 

Lukman Hakin menegaskan, "Kami berharap semua satu pandangan menentukan hilal itu terlihat seperti apa (sehingga 1 Syawal dirayakan secara bersamaan). Tetapi kalau perbedaan itu tidak bisa disamakan, kita harus berjiwa besar untuk menghargai itu,"
Muhammadiyah sudah menetapkan bahwa 1 Syawal 1436 H jatuh pada Jumat, 17 Juli 2015. Melalui maklumat PP Muhammadiyah, organisasi Islam tersebut sudah mengumumkan kalender 146 Hirjiyah. Tidak hanya memastikan Idul fitri jatuh pada hari Jumat Pahing 17 Juli 2015, tetapi juga menentukan bahwa Idul Adha jatuh pada Rabu Kliwon, 23 September 2015.
Jika pada rukyat nanti diputuskannya Idul fitri 1436H diadakan serentak bertepan pada hari Jum'at 17 juli 2015, maka hal ini dapat menjadi sejarah terpenting dimana pada tahun tahun sebelumnya hari raya diadakan penuh dengan perbedaan waktu. 

Download our Apps on Android

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post