» » » Tips sehat dalam menjalankan ibadah puasa

Bulan suci ramadhan sudah di penghujung hari, bagi umat muslim bulan ini adalah bulan yang telah ditunggu tunggu dan sudah menjadi kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa. Tapi jangan sampai menurunkan stamina kita dalam menjalankan puasa tersebut. Berikut tips menjaga kesehatan dalam menjalankan ibadah puasa: 

    - Saat berbuka puasa sebaiknya Anda melakukan diet yang sehat. Dengan kata lain, jangan makan berlebihan terutama mengkonsumsi kue atau makanan manis dalam porsi besar. Makan berlebihan bisa mengganggu pola makan Anda. akan lebih baik Anda mengkonsumsi kurma yang mampu men-charge energi dengan cepat.


    - Selama berpuasa, hidrasi merupakan hal yang paling vital. Untuk itu, minum dalam jumlah besar saat berbuka puasa sangat baik untuk menjaga metabolisme tubuh. Hal yang sama juga harus Anda lakukan saat sahur. Untuk kebutuhan hidrasi ini, Anda perlu mengkonsumsi minimal 1,5 liter air putih perhari.

    - Saat berbuka, mulailah dengan mengkonsumsi kolak, sup atau hidangan pembuka lainnya. Tunggu hingga makanan pembuka tersebut diproses oleh sistem pencernaan sebelum Anda makan besar. Jangan meng-identik-kan buka puasa dengan makan berlebihan. Makan berlebih hanya membuat Anda cepat mengantuk.

    - Saat sahur, sebaiknya Anda mengkonsumsi buah-buahan untuk vitamin serta makanan yang banyak mengandung karbohidrat (nasi atau ubi-ubian) yang mampu memberi energi hingga saat berbuka tiba.

    - Untuk olahragawan atau atlet, jika menjalankan puasa sebaiknya mengurangi aktifitas fisik. Dengan kata lain, tidak terlalu intensif berolahraga terutama waktu sore hari sebelum berbuka.

    - Puasa memang dimulai dari matahari terbit hingga terbenam, namun sebaiknya Anda makan tetap seperti biasanya yaitu 3 kali sehari. Anda bisa lakukan saat sahur, saat berbuka dan 2 hingga 3 jam sesudah berbuka. Siang hari sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk tidur supaya energi tidak cepat terkuras. Hindari panas matahari langsung yang dapat menyebabkan dehidrasi.

    Download our Apps on Android

    «
    Next
    Newer Post
    »
    Previous
    Older Post